Seminar “Ibu Cerdas Selamatkan Anak Kita dari Bahaya Miras dan Narkoba” | Ibrahim Chandra | Narkoba, Permasalahan dan Dampaknya

Event : Seminar “Ibu Cerdas Selamatkan Anak Kita dari Bahaya Miras dan Narkoba”
Tanggal : 16 Mei 2015
Pembicara : Ibrahim chandra
Tema : Narkoba, Permasalahan dan dampaknya

Sebuah kenyataan untuk kita hadapi bersama-sama
Apa tanda tanda kekalahan kita ?
Pertama :
Jumlah pemakai naik ratusan persen :
Pada tahun 1970 jumlah pemakai NARKOBA diperkirakan 130.000 jiwa, Pada akhir tahun 2000 jumlahnya menjadi 2 juta jiwa,dan sekarang di tahun 2015 diperkirakan menjadi 4-5 juta jiwa. Jangankan TURUN bertahan saja tidak. jumlahnya naik spektakular. Kalau hari ini keluarga kita blm terkena jangan sombong dan lengah. Siapa tahu besok keluarga kita menjadi korban berikutnya. WASPADALAH WASPADALAH WASPADALAH

Kedua :
KELOMPOK PEMAKAI MAKIN BERVARIASI, Bila dimasa lalu pengguna NARKOBA adalah para PEMUDA BERANDALAN yg berasal dari keluarga BERANTAKAN, sekarang pengguna narkoba lebih bervariasi ada juga WANITA, LANSIA, ANAK-ANAK, IBU RUMAH TANGGA, EKSEKUTIF, PEJABAT, BIROKRASI, POLITISI, APARAT HUKUM, DOKTER, PEMUKA MASYARAKAT DLL.

Ketiga :
DAERAH PENYEBARAN SEMAKIN MENINGKAT. Dulu pengguna narkoba hanya dikota-kota besar, sekarang meluas ke kota kecil bahkan kedesa-desa diseluruh pelosok negeri. Tidak ada wilayah bebas narkoba di tanah air ini.

Keempat :
KETERLIBATAN INDONESIA MENINGKAT. Dalam perdagangan narkoba di dunia, dulu indonesia hanya menjadi tempat singgah (transit) sekarang sudah meningkat menjadi daerah pemasaran, kemudian meningkat lagi menjadi produsen dan bahkan pengeksport. LUAR BIASA

Kelima :
PENYAKIT YANG MENYERTAI SEMAKIN BERBAHAYA. Pengguna narkoba yang memakai jarum suntik telah menambah jumlah penderita penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS, SIPILIS DLL.

Keenam :
JENIS DAN KUALITAS NARKOBA MENINGKAT. Dulu mereka Cuma mengkonsumsi GANJA, atau paling tinggi MORFIN. Sekarang jenis narkoba bertambah banyak EKSTASI, SHABU, KOKAIN, HEROIN (PUTAW). Kini sekarang ada heroin jenis baru dengan daya adeksi yang lebih kuat, reaksi lebih cepat serta lebih berat.

NARKOBA DALAM PENYAMARAN BENTUKNYA
Narkoba dalam sepotong KUE
WASPADA NARKOBA DALAM MAKANAN
NARKOBA DALAM KUE BROWNIS
NARKOBA DALAM BENTUK PERMEN COKLAT
NARKOBA DALAM PERMEN STRAWBERY
EXTACY DALAM PERMEN
NARKOBA DALAM BENTUK KAPSUL DAN PERANGKO
NARKOBA DALAM BENTUK PERANGKO
GANJA YG DICAMPUR DENGAN SEPOTONG COKLAT DAN BROWNIS
NARKOBA BERBENTUK CC4
Beberapa waktu lalu pihak kepolisian berhasil mengamankan CC4 yang diedarkan oleh penghuni maupun petugas di dalam Lapas Cipinang, Jakarta. CC4 adalah narkoba jenis baru berbentuk lembaran seperti perangko yang memiliki efek euforia dan halusinasi
NARKOBA BERBENTUK CC4 Dampaknya 14 kali dari Extacy

KROKODIL – Narkoba Jenis Baru Asal Rusia yang Memiliki Effek Paling Mengerikan di Dunia, ADALAH ZAT ADIKTIF MENGERIKAN YANG AKAN MERUBAH PECANDUNYA MENJADI MAYAT HIDUP BERJALAN
DAUN KRATOM ATAU DAUN PURI :
1. BERBENTUK BUBUK DIJADIKAN HERBAL
2. TERDAPAT DIASIA TENGGARA (THAILAND) JUGA KALBAR
3. RASANYA PAHIT (ADA SENYAWA ALKALOID)
4. DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT TRADISONAL
5. KATANYE BERMANFAAT BAGI KESEHATAN
6. MENGATASI KECANDUAN NARKOBA
7. MENGATASI DIARE
8. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
9. MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI
10. MENINGKATKAN ENERGI
11. MENGATASI NYERI OTOT
12. MENGATASI DEFRESI
13. STIMULAN SEKSUAL
14. MENGONTROL KADAR GULA DARAH

NARKOBA DALAM BISKUIT

Ke tujuh :
SINDIKAT NARKOBA SEMAKIN PIAWAI, Keterampilan tenaga pemasaran dan pengedar narkoba semakin hebat.sindikatnya menggunakan sistem managemen dan pemasaran profesional dgn menggunakan IT

DI TEMBOK DERITA MENGENDALIKAN NARKOBA

Ke delapan :
DAMPAK NEGATIF SEMAKIN PARAH DAN LUAS, MEROSOTNYA KUALITAS MANUSIA, KRIMINAL TINGGI, KORUPSI, KOLUSI, NEPOTISME, PELACURAN, DAN LAIN-LAIN.

NICOTINE
BAGAIMANA DENGAN ROKOK ELEKTRIK, 10 X DARI BAHAYA ROKOK BIASA

Ngopi = cafein
ADA APA DGN KOPI ?
Kafein memiliki efek adiktif yang jika dijabarkan memiliki pengaruh yang sama dengan cara kerja amfetamin, kokain dan heroin, yaitu untuk menstimulasi otak.
CIRI-CIRI KECANDUAN KOPI
Ciri-ciri dari kecanduan caffeine adalah
1. Perasaan mudah tersinggung
2. Sukar untuk konsentrasi
3. Munculnya rasa sakit di bagian belakang kepala
4. Muntah-muntah
Konsumsi caffeine secara berlebihan merupakan penyebab osteoporosis pada tulang dan kerusakan pada gigi.

BANYAK ALASAN KENAPA TERJEBAK NARKOBA
COBA-COBA
KETAGIHAN / RELAP
KURANG PERHATIAN ORTU
DI TIPU / DI JEBAK
GALAU
CARI SENSASI
KURANG PERCAYA DIRI / MERUBAH PENAMPILAN
PERMASALAHAN MENUMPUK
KURANG IMAN

LALU MAU APA KITA ?
Dalam ilmu PERTEMPURAN, ada satu syarat yang harus dipenuhi jika mau MENANG yaitu MENGENALI MUSUH. Banyak orang yang membenci,memusuhi, dan menyatakan ikut memberantas tetapi justru memakai narkoba. Mngkin ia tidak tahu bhw yang diminumnya adalah narkoba dengan berbagai jenis dan bentuknya.

KITA HARUS BISA :
JUMLAH KORBAN SUDAH BANYAK, TETAPI JUMLAH RAKYAT YG BLM MENJADI KORBAN JAUH LEBIH BANYAK. JADI SAMBIL MEMBERANTAS PENGEDAR DAN BANDAR SERTA MENGOBATI KORBAN MARI KIITA SELAMATKAN YG BLM MEMAKAI NARKOBA. TAMBAHLAH WAWASAN DAN MEMBANGUN KESADARAN AGAR WASPADA DAN TIDAK TERJEBAK DALAM PERILAKU PENYIMPANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.

BAGAIMANA CARANYA ?
3 Tiga Ka MELAWAN NARKOBA
1. KENALI NARKOBA DAN JENISNYA
2. KENALI DAMPAK DAN AKIBATNYA
3. KENALI PERILAKUNYA DAN PENYEBABNYA

MENGENAL SIFAT NARKOBA
3 SIFAT JAHAT NARKOBA
HABITUAL, Adalah sifat dari pada narkoba yang membuat pemakainya akan selalu teringat, terkenang dan terbayang sehingga cendrung untuk selalu mencari dan rindu. Sifat inilah yang menyebabkan seseorang yg sdh direhabilitasi bisa kambuh lagi.

ADIKTIF ADALAH SIFAT NARKOBA YG MEMBUAT PEMAKAINYA TERPAKSA MEMAKAI TERUS DAN TIDAK DAPAT MENGHENTIKANNYA. DAN MENYEBABKAN KETERGANTUNGAN YG BERKEPANJANGAN. ISTILAH LAIN SAKAW

TOLERAN ADALAH SIFAT NARKOBA YANG MEMBUAT TUBUH PEMAKAINYA SEMAKIN LAMA SEMAKIN MENYATU DENGAN NARKOBA DAN MENYESUAIKAN DIRI DENGAN NARKOBA ITU SEHINGGA MENUNTUT DOSIS PEMAKAIN SEMAKIN TINGGI. BILA TIDAK DINAIKAN AKAN SAKAW DAN BILA BERLEBIHAN OVER DOSIS.

TANAMAN
1. BUKAN TANAMAN
2. SINTETIS
3. BUKAN SINTETIS

SATUKAN PERSEPSI KITA : PEMAHAMAN TENTANG NARKOBA MENGETAHUI DAMPAK DAN AKIBATNYA, BAGAIMANA UPAYA PENCEGAHAN

APA ITU NARKOBA ? (NARkotika, psiKotropika, dan bahan Adiktif)
ADALAH SETIAP ZAT YANG APABILA MASUK KEDALAM ORGANISME HIDUP AKAN MENGAKIBATKAN PERUBAHAN PADA SATU ATAU LEBIH FUNGSI ORGAN TUBUH. ZAT KIMIA YANG MAMPU MENGUBAH PIKIRAN, PERASAAN, FUNGSI MENTAL DAN PERILAKU.

NARKOTIKA : ZAT ATAU OBAT BAIK YANG BERASAL DARI TANAMAN MAUPUN BUKAN, SINTETIS MAUPUN SEMI SINTETIS YANG DAPAT MENYEBABKAN PENURUNAN ATAU PERUBAHAN KESADARAN, HILANGNYA RASA DAN MENIMBULKAN KETERGANTUNGAN / KECANDUAN. CONTOH : SHABU-SHABU, EXTASI / INEK OPIUM, MORFIN, HEROIN, GANJA DAN COCAINE

JENIS-JENIS NARKOBA
Ada 3 (sifat) berdasarkan PENGARUHNYA :
1. STIMULAN,Merangsang sistem syaraf Pusat (extc, shabu, Kopi, Alkohol)
2. DEPRESAN, Menekan system syaraf Pusat (Putau, Morphine)
3. HALUSINOGEN, Mengacaukan system syaraf Pusat (Ganja)

HEROIN/OPIAT/PUTAW
Merupakan turunan Opiat ( di Proses darik Morpin) yang dibuat secara ilegal, Menimbulkan Perasaan “Hight/Gitting” dalam waktu se saat (rush) lalu perasaan nyaman dan tenang (Seperti Ngantuk) tersedia dalam bentuk bubuk dan cairan, Tidak pernah disajikan dalam bentuk murni, Digunakan dengan cara menyuntik maupun dihirup melalui luka, Bisa menyebabkan Overdosis/ Meninggal dunia dan paling banyak digunakan di kota besar di Indonesia.

EFEK HEROIN / PUTAU
1. Badan menjadi kurus, pucat, kurang gizi, impotensi
2. Bila pakai jarum suntik, hEpatitis B dan C, HIV/AIDS
3. Sakaw atau sakit karena putaw terjadi bila si pecandu putus menggunakan putaw

Daun Ganja : Cara pakai : Di linting seperti rokok lalu dihisap
GANJA/ CIMENG : Jenis Narkoba yang berasal dari tanaman, memiliki sifat yg mengacaukan sistem syaraf pusat yg akan memberikan pengaruh Halusinasi, perilaku yg memalukan dan menyimpang. Hampir sama dengan Ganja ini seperti jamur kotoran sapi, Bunga kecubung, Lem, Bensin.

EFEK GANJA/CIMENG/MARIJUANA
1. Daya ingat jangka pendek akan berkurang.
2. Perubahan emosi/perasaan (tertawa terbahak, kemudian mendadak berubah menjadi ketakutan
3. Dengan dosis tinggi perasaan tidak tenang, ketakutan dan halusinasi
4. Apatis, depresi, kecemasan yang berlebihan

Shabu/Methapitamine, Jenis Narkoba memiliki sifat merangsang syaraf pusat, bersifat mematikan sangat berbahaya dan tak terduga, hampir sama dengan kokain, kebanyakan dibuat secara ilegal, dihirup di hisap. Efek dlm tubuh hilang setelah 2 hari.

Pengguna akan merasa segar, bersemangat dan tidak mudah lelah, Tidak lapar, Mudah tersinggung, Gugup, Sulit tidur, mual-mual, merasa haus terus menerus, keringat dingin, hifertensi, mengakibat disorientasi mental, Paranoit, Dlm jangka panjang bisa MATI.

EFEK SHABU
1. Mengakibatkan efek yang kuat pada system syaraf, sulit berpikir dan konsentrasi.
2. Perilaku pembuluh darah otak yg bisa menjurus kekerasan
3. Berat badan menyusut, Impoten, halusinasi, Paranoid
4. Merusak Pembuluh darah yg dapat berlanjut menjadi Stroke.

PSIKOTROPIKA EKSTASI
ECTASY/XTC/Methylenedioxy : Jenis Narkoba yg dpt merangsang system syaraf pusat, dijual secara bebas dlm jumlah tertentu, membantu mengekpresikan kasih sayang (Love drug), dipasarkan sbg obat yg bisa membuat bahagia, digunakan dlm pesta bisa bertahan 4-6 jam.

EFEK ECTACY
1. Kehangatan emosi bertambah, keintiman bertambah.
2. Nafsu makan berkurang, banyak berkeringat, gerak badan tdk terkendali
3. Tekanan darah naik, denyut jantung dan nadi bertambah cepat.
4. Bila dosis banyak Halusinasi (Tripping) perasaan melayang, kejang.
5. Muntah, panik, mudah tersinggung.

KOKAIN
Istilah lain dari Kokain adalah Coke, snow, Gild, Lady. Dapat digunakan dgn cara dihirup, disuntik, dihisap, biasanya diperdagangkan dgn terlebih dulu dicampur dgn berbagai zat, Pemakaian secara kronis menimbulkan KEMATIAN.

EFEK KOKAIN :
1. Eforia (rasa gembira /senang/nikmat berlebihan ).
2. Pengguna dalam jangka panjang akan mengurangi reseftor otak.
3. Jika ini terjadi, maka sel otak akan tergantung pada kokain agar dpt berfungsi normal.
4. Menimbulkan ketagihan, Tidak dpt merasakan kenikmatan apapun.
5. Menimbulkan gangguan mental.

P S I K O T R O P I K A
ZAT ATAU OBAT BAIK ALAMIAH MAUPUN SINTETIS YANG BERKHASIAT PSIKO AKTIF, MELALUI SELEKTIF AKTIF PADA SUSUNAN SARAF PUSAT YANG MENYEBABKAN PERUBAHAN MENTAL DAN PERILAKU. CONTOH : OBAT PENENANG DAN OBAT TIDUR.
Jenis-jenis & Efek Penggunaan PSIKOTROPIKA. JENIS OBAT PENENANG (Obat Tidur, Koplo, Nipam, Valium, Lexotan dll)
EFEK :
Bicara pelo, respons fisik, mental dan emosi lambat, meningkatkan PD secara “semu”
Dosis tinggi menimbulkan perasaan cemas, sensitif, marah
Penggunaan campuran dengan alkohol dapat menyebabkan kematian
Gejala putus obat bersifat lama & serius

EFEK MENGGUNAKAN PSIKOTROPIKA
1. Mengurangi rasa gelisah,mempermudah tidur
2. Jika digunakan bersama alkohol dapat menimbulkan kekacauan pikiran.
3. Jika digunakan dlm waktu lama dpt menimbulkan ketergantungan pisik dan gejala putus zat, gampang marah, depresi.

OBAT BERBAHAYA ZAT ADIKTIF
ZAT ATAU BAHAN KIMIA YANG APABILA MASUK KEDALAM TUBUH AKAN MEMPENGARUHI TERUTAMA SUSUNAN SARAF PUSAT SEHINGGA MENYEBABKAN PERUBAHAN MENTAL, EMOSIONAL DAN PERILAKU. CONTOH : MIRAS, ROKOK, KOPI, OBAT-OBAT ILEGAL

ALKOHOL
EFEK PENGGUNAKAN ALKOHOL:
1. Menekan kerja otak.
2. Menyebabkan mabuk, jalan sempoyongan, bicara cadel, kekerasan.
3. Kerusakan hati, kelenjar getah lambung, saraf tepi, otak, gangguan jantung, kanker, bayi lahir cacat jika ibunya pecandu alkohol.

Mengawasi hati :
1. Jangan pakai alat pribadi bergantian sikat gigi, alat cukur, peralatan suntik, tato
2. Hindari Narkoba & alkohol
3. minum banyak air
4. Makan seimbang buah, sayuran segar, buncis
5. Hindari lemak, protein atau vitamin A, D, E berlebihan
6. Olahraga
7. Mengurangi stres

INHALEN/NGELEM
PENGERTIAN NGELEM / INHALEN : Adalah zat yang mudah menguap/solvent dikenal dengan lem aica aibon, Thinner, Bensin, dan Spritus
EFEK NGELEM :
1. Rasa malu berkurang
2. Mengantuk
3. sakit Kepala
4. Perilaku tidak tenang

MARI MENGENAL PERILAKU PENGGUNA NARKOBA
KENALI PERILAKU NARKOBA :
1. Jika diajak bicara jarang mau kontak mata.
2. Bicara felo/cadel
3. Jika keluar rumah sembunyi-sembunyi
4. Keras kepala/susah dinasehati
5. Sering menyalahkan orang lain untuk kesalahan yg dibuat
6. Tidak konsisten dalam berbicara
7. Sering membuat alasan-alasan
8. Sering berbohong
9. Sering mengancam, menantang atau sesuatu hal yg dapat menimbulkan perkelahian
10. Berbicara kasar kepada orang tua
11. Semakin jarang mengikuti kegiatan keluarga.
12. Berubah teman dan jarang mengenalkan teman-temanya.
13. Mulai melalaikan tanggung jawab.
14. Menunjukan sifat membangkang
15. Sering pulang lewat larut malam
16. Sering pergi ke disko, Mall atau pesta
17.Salalu kehabisan uang/Bokek
18. Sering minta uang dgn keluarga dengan banyak alasan.
19. Waktu dirumah sering dihabiskan dikamar sendiri,atau dikamar mandi.
20. Jarang mau makan, atau berkumpul dgn keluarga
21. Sikap manipulatif
22. Emosi tidak stabil
23. berani berbuat kekerasan dan kriminal
24. Ada obat-obatan,kertas timah, alumunium foil, jarum suntik, dll
25. Sering makan permen karet atau permen menthol untuk menghilangkan bau mulut.
26. Sering memakai kacamata gelap dan atau topi untuk menutupi mata telernya
27. Sering membawa obat tetes mata
28. Omongannya basa-basi dan menghindari pembicaraan yang panjang
29. Mudah berjanji,dan mudah pula mengingkari
30. Teman-teman lamanya mulai menghindar
31. Siklus kehidupan mulai terbalik (siang tidur, malam melek).
32. Paranoit
33. Sering bersikap aneh
34. Sering keluar rumah sebentar, kemudian kembali lagi
35. Tidak memperhatikan kebersihan, kamar berantakan
36. Menunjukan gejala ketagihan (demam, pegel-pegel, menguap, emosi labil)
37. Mudah tersinggung
38. Berubahnya gaya pakaian,dan musik yg disukai
39. Motivasi sekolah menurun
40. Disekolah sering keluar kelas dan tidak kembali lagi.
MASIH BANYAK LAINNYA

PECANDU DAUN GANJA
Cendrung lusuh, mata merah, kelopak mata mengatup terus, doyan makan krn perut merasa lapar terus, suka tertawa jika terlibat pembicaraan lucu

PECANDU PUTAW
Sering menyendiri ditempat gelap sambil dengar musik,malas mandi karena kondisi badan kedinginan, badan kurus, layu serta apatis terhadap lawan jenis

PECANDU INEX ATAU EXTACY
Suka keluar rumah, selalu riang jika mendengar musik house, wajah terlihat lelah, bibir suka pecah-pecah dan badan suka berkeringatan, sering minder jika pengaruh inex hilang

PECANDU SABU-SABU
Gampang gelisah dan serba salahmelakukan apa saja, jarang mau menatap mata jika diajak bicara, mata sering jelalatan, karakternya dominan curiga.

Manusia yang baik bukan berarti yang tdk punya kesalahan, Yang terpenting bagaimana memperbaiki kesalahan, dan tdk ingin jatuh kedalam lobang yang sama. Selamat Berjuang SAUDARAKU


Komentar, Pertanyaan dan Masukkan