KATA BOX Review by Nining aidil

09. November 2015 Teknologi 2
KATA BOX Review by Nining aidil

 

 

Latar Belakang

Sebagaimana kita tahu, Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Google dan diperuntukkan untuk telepon genggam pintar (smart phone).
Dengan semakin berkembangnya penggunaan perangkat komunikasi bergerak, saat ini android tidak saja dapat dipergunakan untuk telepon genggam, tapi sudah dapat ditemui dan dipergunakan pada berbagai macam perangkat lainnya seperti jam tangan pintar (smartwatch), tablet pc, komputer personal dekstop atau laptop/notebook, Televisi pintar (smart TV), bahkan hingga ke perangkat pintar yang terdapat pada mobil. Intinya dengan Android sebuah perangkat komputasi dapat menjadi multi fungsi.

Apa itu Kata Box?
Jawaban singkat dan sederhana; Adroid in a Box.

Android sebagai suatu sistem operasi multi fungsi saat ini mulai dipergunakan sebagai sebuah perangkat komputer kecil yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana atau dipergunakan dirumah sebagai pengganti komputer personal. Menurut saya pribadi, Kata Box ini dapat dipergunakan sebagai pengganti smart TV (set top box TV/STB TV), sehingga anda tidak perlu membeli televisi baru jika ingin dapat menikmati dan merasakan pengalaman menggunakan smart TV.

Kata Box specs
Amlogic S805n Quad core 1.5GHz
1GB RAM
8GB ROM (Internal Storage)
MicroSD slot
Mali-450
Android 4.4 KitKat
WiFi
LAN port
2 USB Tipe A
1 HDMI 1.4
1 RJ45
DC-IN Jack
AV Output

Kesan Pertama

Kecil, ramping, tidak terlalu berat, dan mudah dibawa. Didalam paket yang diterima saya terdapat 1 kotak berisi komputer mini dari Kata digital, power supply, kabel HDMI, remote, dan Kata game controller beserta USB dongle serta kable micro USB untuk mengisi ulang game controller. Cukup lengkap paket bawaan dari Kata.

Sebelum mencoba Kata Box ini, dengan melihat spesifikasinya sedikit kesimpulan awal yang menjadi analisa awal saya:
a. Spesifikasi SoC (system on chip).
Berdasarkan spesifikasi dari Amlogic prosesor SoC S805 ini mempunya Quad Core prosesor dengan kecepatan 1.5 GHz, GPU Mali-450, maksimum memori 2GB, dapat memutar video H.264 @1080p dan H.265 @1080p. Dengan spesifikasi yang didukung ini terlihat SoC ini cukup baik terlebih sektor GPU Mali-450 dimana dapat memiliki core hingga (up to 8 core), sayangnya tidak dinyakatan dapat spesifikasi Kata Box ini kode dari Mali-450 ini. Seharusnya dengan spesifikasi GPU ini, kemampuan dalam menjalankan permainan lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S3 (Mali-400), paling tidak dapat memainkan permainan yang dijalankan SGS3. Selain itu dengan dinyatakannya dapat mendukung H.265 @1080p seharusnya kualitas video/film dengan codec tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terlihat lebih baik.

b. RAM
Sedikit kecewa dengan kapasitas RAM yang tersedia pada Kata Box ini, dengan semakin banyaknya aplikasi-aplikasi Android yang berjalan di-background dengan kapasitar RAM hanya 1GB, harapan untuk dapat menjalankan aplikasi semacam instagram, Facebook, Path, atau medsos lainnya dapat berjalan dengan lancar. Jika kembali melihat spesifikasi dari SoC diatas sebenarnya RAM yang dapat didukung oleh SoC ini cukup lumayan (2GB), sayangnya tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh Kata. Akan tetapi paling tidak

c. Media Penyimpanan Internal
Komponen ini yang menurut saya sangat mengecewakan. Dengan kapasitas media penyimpanan internal (internal storage) sebesar 8GB, saya tidak berharap dapat mamasang banyak aplikasi dan permainan yang membutuhkan kapasitas besar. Berdasarkan pengalaman saya yang pernah menggunakan telepon pintar berbasis Android dengan 8GB internal storage, kapasitas yang tersedia untuk dapat memasang aplikasi tambahan tidak lebih dari 4GB.

d. Media Penyimpanan Eksternal
Untuk dapat menambah kapasitas internal storage, Kata Box menyediakan slot untuk media penyimpanan eksternal MicroSD. Sehingga ada dapat menambah kapasitas penyimpanan anda. Akan tetapi jangan berharap banyak untuk dapat memasang aplikasi atau permainan pada MicroSD, meskipun dari segi harga MicroSD sudah cukup murah akan tetapi untuk dapat mencapai kecepatan menulis dan membaca yang sama dengan internal storage, tipe MicroSD yang dipergunakan tidak dapat dibilang murah, minimal harus menggunakan SDCard class 10. Selain itu tidak mudah untuk memasang atau memindahkan aplikasi dan permainan ke MicroSD. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam memindahkan data-data yang diperlukan paling tidak harus melakukan rooting pada Android, dan proses ini tidak direkomendasikan untuk pengguna pemula. Sebaiknya media penyimpanan eksternal ini dipergunakan untuk menyimpan lagu, dokumen, film/video anda.

e. USB
Pada Kata Box ini juga terdapat 2 port USB tipe A yang dapat anda pergunakan untuk memasang perangkat input tambahan (mouse, keyboard, webcam) atau media penyimpanan eksternal yang menggunakan antarmuka USB seperti thumbdrive atau bahkan HDD ekternal. Sayangnya versi USB yang didukung oleh Kata Box ini belum versi 3 (high speed USB). Jika ingin menggunakan banyak perangkat melalui USB ini direkomendasikan untuk menambahkan USB hub.

f. TV/Monitor & Media Output
Kata Box menyediakan 2 tipe TV/Monitor & media output yaitu HDMI dan AV Output. Jika TV atau monitor anda belum mendukung HDMI anda dapat menggunakan AV Output, yang sayangnya tidak terdapat pada paket pembelian.

g. Konektifitas
Untuk dapat terhubung kedalam jaringan internet, Kata Box menyediakan dua tipe konektifitas yaitu Wifi dengan protokol 802.11 b/g/n dan antarmuka Ethernet untuk terhubung kejaringan dengan menggunakan kabel UTP.
Ada satu hal yang menurut saya tidak tersedia pada Kata Box ini padahal pada beberapa produk sejenis atau bahkan pada telepon pintar sudah menjadi standard, yaitu Bluetooth. Jika saja bluetooth tersedia, paling tidak saya dapat menggunakan mouse/keyboard bluetooth atau bahkan dapat menghubungkan ke Speaker bluetooth atau 3rd party remote STB yang mendukung bluetooth, sehingga dengan jumlah USB yang terbatas dapat dipergunakan hanya untuk media penyimpanan ekternal.
Secara keseluruhan dari spesifikasi tersebut saya mengambil kesimpulan awal bahwa Kata Box ini lebih sesuai dipergunakan untuk sebagai mediaplayer seperti menonton video streaming ataupun memutar video atau musik yang sudah anda miliki dengan memanfaatkan microSD atau USB.

 

Ulasan Pemakaian

Berikut komentar saya dari hasil pemakaian selama 2 hari untuk Kata Box ini.

a. Grafis Antar Muka
Saat pertama kali dinyalakan, yang dirasakan saya untuk tampilan grafis antar muka Kata Box ini cukup sederhana dan tidak membuat bingung. Menu-menu sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya, khusus untuk aplikasi bawaan seperti TV berisis NetFlix, CBS, Fox Now, CW, History, Discovery, dan beberapa aplikasi online streaming lainnya. Sayangya untuk memonton secara online dari aplikasi tersebut saat ini terbatas untuk beberapa negara dimana Indonesia tidak termasuk didalamnya. Akan tetapi Kata Box menyediakan layanan MegaVPN trial selama 60 hari sehingga anda dapat mengakses konten-konten tersebut. Tapi sebenarnya meskipun dengan menggunakan VPN untuk mengakses konten tersebut jika ingin mengakses konten, pengguna harus berlangganan. Sebagai contoh pada NetFlix. Anda harus berlangganan terlebih dahulu sebelum mengakses konten dari NetFlix. Berarti minimal jika anda ingin terus dapat menonton menggunakan NetFlix anda harus berlangganan MegaVPN (atau VPN lainnya, banyak tersedia pada Google Play Store) dan NetFlix itu sendiri. Jika uang bukan menjadi masalah bagi anda dan anda gemar menonton, solusi ini dapat anda pergunakan. Selain menu TV, juga terdapat menu Office (Firefox browser, WPS office, WPS Mail, Gallery, Calculator, dll), dan Games (beberapa permainan bawaan dari Kata Box).
Diluar pengelompokkan menu diatas untuk aplikasi-aplikasi yang kita tambahkan sendiri akan dapat diakses pada bagian bawah tampilan antar muka Kata Box.
Kebetulan saya sudah mencoba menggunakan kedua ukuran layar yaitu 1080p dan 720p. Jika televisi anda sudah mendukung resolusi 1080p anda tidak akan kecewa dengan tampilan dan resolusinya, akan tetapi jika dibawahnya (720p) tampilan anda akan terpotong. saya sudah mencoba mencari dibagian setting untuk menyesuaikan ukurannya, akan tetapi tidak berhasil menemukannya. Mudah-mudahan ini hanya karena televisi 720p yang dipergunakan saya sudah jadul sekali (2007) dan tidak terjadi pada layar anda yang menggunakan 720p.

b. Remote dan Game Controller
Remote bawaan dari Kata Box menggunakan infra red sehingga pastikan remote dan Kata Box terdapat pada satu garis lurus. Sedangkan unutk Game Controller baru dapat dipergunakan setelah USB dongle dipasang pada port USB Kata Box.
Ber-navigasi menggunakan remote menurut saya tidak responsif, paling tidak untuk melakukan pergeseran antara menu atau icon memerlukan waktu sekitar 1 detik setelah tombol ditekan. Penggunakan Game Controller untuk ber-navigasi jauh lebih baik dan responsif dibandingkan dengan menggunakan remote.
Penggunakan kedua metode input ini bagi saya tidak memuaskan baik dari segi responsif-ness maupun saat memilih menu. Terdapat pada beberapa menu yang tidak bisa diarahkan jika ber-navigasi menggunakan remote atau game controller (atau apa mungkin saya gaptek? ).
Rekomendasi dari saya; sebaiknya anda minimal mempersiapkan mouse untuk lebih memudahkan navigasi, dan jika memungkinkan juga mempersiapkan keyboar untuk lebih cepat menulis.

c. Media Penyimpanan Internal
Seperti dugaan saya diawal, media penyimpanan internal yang dapat dimanfaatkan hanya sebesar 3GB (lebih kecil dibanding dugaan awal), bahkan setelah melakukan update firmware dan menjalankan aplikasi bawaan, kapasitas penyimpanan berkurang hanya tinggal 2GB yang tersedia. Untuk ini dapat saya tegaskan bahwa jika anda akan memasang aplikasi dan khususnya permainan yang menggunakan kapasitas penyimpanan besar dan anda pengguna biasa (bukan hardcore user yang suka ngulik-ngulik suatu sistem operasi), tidak direkomendasikan memakai Kata Box ini.
d. Memainkan Permainan
Karena keterbatasan kapasitas, saya tidak mencoba untuk memasang permainan dengan grafis tinggi karena sudah pasti akan memerlukan penyimpanan cukup besar. Permainan yang dicoba oleh saya ada yang sudah terpasang pada Kata Box seperti BombSquad, Super Soccer, dan AirAttack, serta mungundung sebuah game dari playstore yaitu Reaper. Kesemua permainan dapat berjalan dengan lancar.

e. Memutar Film
Memutar video dengan codec H.265 dapat berjalan dengan baik tanpa kendala berarti, bahkan dengan menjalankan Fast Forward atau Backward, film masih berjalan dengan baik dan lancara. Untuk hal ini saya sangat merekomendasikan Kata Box ini.

f. Isu-isu lainnya.
Selain kekurangan dan kelebihan yang saya sudah jelaskan sebelumnya, terkait dalam penggunaan Kata Box, saya menemukan beberapak isu dan kendala yang menurut saya sangat mengganggu:
Saat saya melihat ke menu Application pada Setting, saya menemukan beberapa aplikasi yang terdapat pada Application Setting tersebut tetapi tidak terdapat pada tampilan home/antar muka awal dari Kata Box. Sudah dicari berbagai macam cara tapi sampai tulisan ini dibuat masih belum berhasil melacaknya. Satu-satunya cara yang belum dicoba oleh saya adalah menghapus (uninstall) aplikasi tersebut dan memasang (install) ulang. Mungkin berhasil atau mungkin saja tidak.
Aplikasi Youtube bawaan dari Kata Box sepertinya ada masalah, saat menjalakan salah satu video streaming selalu melakukan buffering, padahal saat dicoba melalui aplikasi Youtube yang di unduh dari PlayStore, video yang sama berjalan dengan lancar.
Nah jika anda memasang aplikasi Youtube dari playstore, shortcut aplikasi ini tidak akan anda temukan pada home screen/tampilan awal. Anda dapat menjalankan melalui Application setting. Yang terdapat pada home screen adalah aplikasi Youtube bawaan dari Kata Box.

KATA BOX @home

 

Kesimpulan

a. Jika anda seorang hardcore gamers, saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan Kata Box.
b. Jika anda atau anak anda lebih memilih bermain game casual, hanya menggunakan Kata Box sudah lebih dari cukup.
c. Jika uang tidak menjadi masalah untuk menonton film-film popular di bioskop atau TV series, anda dapat memanfaatkan Kata Box ini untuk mendapatkan konten legal tersebut dengan berlangganan MegaVPN (atau layanan VPN lainnya) serta NetFlix.
d. Jika menurut anda menonton Youtube sudah cukup, dan anda memiliki koleksi film/video yang cukup banyak pada HDD anda, Kata Box menjadi rekomendasi, karena harga-nya yang dibawah 1 juta.
e. Jika anda akan sering menggunakan Kata Box baik untuk berselancar didunia maya, video call, sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dll atau menonton film dan bermain game casual, sangat direkomendasikan untuk minimal menggunakan mouse dan jika memungkinkan juga disertai keyboard. Siapkan USB hub untuk menambah jumlah port USB. Satu hal yang menjadi catatan sebagi pengigat anda, jangan berharap Kata Box dapat berjalan lancar seperti telepon pintar Samsung Galaxy S5/S6 atau LG G3/G4 atau bahkan iPhone/iPad.

 


2 thoughts on “KATA BOX Review by Nining aidil”

Komentar, Pertanyaan dan Masukkan