Muslim Parenting | Ustadz Ahmad Pranggono dan Helvy Tiana Rosa

20. December 2016 Parenting, Tausiyah 0

Muslim Parenting

Taklim Ma.na Mall @ Alam sutera

 

Ahmad Pranggono

Hal yg mempengaruhi kepribadian anak:

  1. Rumah
  2. Teman
  3. Sekolah

 

Amal terputus ketika kita meninggal kecuali :

  1. Doa anak yg sholeh/sholehah
  2. Ilmu yg bermanfaat
  3. Sedekah jariyah

 

Jika masih labil, perbanyak panjatkan doa :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Diinik’
Artinya : Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.(HR.Tirmidzi)

 

Mengambil hikmah dari Siti Hajar:

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِن شَعَآئِرِ اللّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِ أَن يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi´ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber´umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa´i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (QS: Al-Baqarah [2]: 158).

 

Bagaimana memilih pasangan hidup menurut Al Quran:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُوْلَئِكَ مُبَرَّؤُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).
(QS: An-Nuur [24]: 26)

 

Jadi, posisikan diri menjadi wanita yg baik supaya mendapatkan laki laki yg baik.

Hikmah dari kisah Siti Hajar :

  1. Taat pada suami
  2. Pengorbanan untuk anaknya

 

Apa yang bisa kita lakukan dalam berdoa: “Berdoa semoga dampaknya tidak hanya untuk kita tapi untuk seluruh keluarga kita bahkan anak keturunan dari keluarga besar kita.”

Perbanyak doa Nabi Ibrahim:

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. (QS: Ibrahim [14]: 35)

رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِّنَ النَّاسِ فَمَن تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS: Ibrahim [14]: 36)

رَّبَّنَا إِنِّي أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُواْ الصَّلاَةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُم مِّنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS: Ibrahim [14]: 37)

رَبَّنَا إِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِي وَمَا نُعْلِنُ وَمَا يَخْفَى عَلَى اللّهِ مِن شَيْءٍ فَي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاء

Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit. (QS: Ibrahim [14]: 38)

الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي وَهَبَ لِي عَلَى الْكِبَرِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَقَ إِنَّ رَبِّي لَسَمِيعُ الدُّعَاء

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. (QS: Ibrahim [14]: 39)

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS: Ibrahim [14]: 40)

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”. (QS: Ibrahim [14]: 41)

 

Banyak kajian yang menyatakan bahwa masa sekarang ini semakin dekat tanda tanda kiamat. Termasuk ciri munculnya Dajjal. Di beberapa hadist yg berkaitan dgn Dajjal antara lain:

Dajjal Tidak Akan Memasuki Makkah dan Madinah.

Diharamkan kepada Dajjal untuk memasuki Makkah dan Madinah ketika dia keluar di akhir zaman berdasarkan hadits-hadits shahih yang menjelaskan hal itu. Adapun negeri-negeri lainnya, maka sesungguhnya Dajjal akan memasukinya satu persatu. Dijelaskan dalam hadits Fathimah binti Qais Radhiyallahu anhuma, bahwa Dajjal mengatakan, “Lalu aku bisa keluar. Aku akan berjalan di muka bumi, maka tidak akan aku tinggalkan satu kampung pun kecuali aku singgah kepadanya dalam waktu empat puluh malam, selain Makkah dan Thaibah (Madinah al-Munawarah), keduanya diharamkan untukku, setiap kali aku hendak masuk ke salah satu darinya, maka Malaikat akan menghadangku dengan pedang yang terhunus yang menghalangiku untuk memasukinya, dan di setiap lorong darinya ada Malaikat yang menjaganya. (HR Muslim).

 

Shalat sudah ada sejak Nabi Ibrahim, bahkan Nabi-nabi sebelumnya, namun syariatnya apakah sama dengan Nabi Muhammad? Allahu a’lam.

Doakan anak supaya :

  1. Rajin shalat
  2. Orang lain sayang
  3. Dijamin rezekinya

 

Perbanyak panjatkan doa :

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq

“”Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.” (HR. Muslim)

 

Ketika melakukan sentuhan kepada anak, lakukan : (FRY)

Fokus: Tidak dilakukan sambil melakukan pekerjaan lainnya.

Rileks: Jangan terburu buru

Yakin: Penuh percaya diri

 

Mengambil hikmah dari Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa, dimana do’a orang tua yang sholeh, bisa jadi diijabah dan berdampak pada anaknya:

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا

Adapun dinding rumah adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh, maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari Tuhanmu; dan bukanlah aku melakukannya itu menurut kemauanku sendiri. Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya”. (QS: Al-Kahfi [18]: 82).

Perbaiki hubungan kita dengan orang tua. Jika mengalami pengasuhan terhadap anak yg “sulit” lakukan introspeksi diri diri, apakah hubungan kita dgn orang tua, baik atau tidak.

 

Tips parenting:

  1. Teknik gosip: Bicarakan kebaikan yg anak sdh lakukan kepada pasangan suami/istri.
  2. Teknik diskon: Berikan kelonggaran terhadap aturan sebagai “bonus” atas prestasi atau kebaikan yg mereka lakukan.

 

 

Helvy Tiana Rosa

 

Tips parenting :

1. Baca Al Quran di depan anak/

2. Shalat tepat waktu di depan anak.

3. Jadikan kisah Nabi dan sahabat menjadi tauladan.

4. Jangan terlalu tegas kepada anak. Tegas boleh, namun pada porsi yg tepat.

5. Manjadi sahabat terbaik bagi anak.

6. Jadikan anak anak semua equal, tidak ada yg lebih disayang dibandingkan yg lainnya.

7. Tunjukkan apa yg kita mau kepada anak, dengan cara kita melakukannya kepada mereka.

8. Menunjukkan ketertarikan terhadap hobi anak anak.

9. Tunjukkan cinta atau mengekspresikan cinta kepada anak.

 

Semanfat untuk hidup menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kebaikan.

إنَّ ٱلسَّا عَةَ ءَاتِيَةٌ أَكَادُأُجْفِيهَالِتُجْزَى كُلُّ نَفْسِ بِمَاتَسْعَى

Segungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. (QS: Thaahaa [20]: 15).

 

 


Referensi:

Pasal Kedua : Tempat Keluarnya Dajjal, Dajjal Tidak Akan Memasuki Makkah Dan Madinah

 


Komentar, Pertanyaan dan Masukkan