Doktrin Islam | Ustadz Muhammad Fatih Karim

23. April 2017 Tausiyah 0

Doktrin Islam

Pengajian Rutin Minggu Ba’da Maghrib – Masjid Ash Shaff, Distrik Emerald

 

Apa itu islam?

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah , dengan dirinya sendiri, dan dengan sesamanya.

Bersumber dari Allah yang tertuang pada Al-Qur’an.

Dijabarkan melalui hadist, ijmak, dan qiyas sahabat.

Hadist bersumber dari wahyu dengan redaksional dari Nabi 

Ijmak adalah kesepakatan para ulama dalam menetapkan suatu hukum hukum dalam agama berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits dalam suatu perkara yang terjadi.

Qiyas adalah menggabungkan atau menyamakan; artinya menetapkan suatu hukum suatu perkara yang baru yang belum ada pada masa sebelumnya namun memiliki kesamaan adalah sebab, manfaat, bahaya dan berbagai aspek dengan perkara terdahulu sehingga dihukumi sama.

 

Banyak sekali orang yang beragama islam namun mengacuhkan ajaran islam, seperti halnya sudah disampaikan di dalam Al-Qur’an

Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diacuhkan”. (QS: Al-Furqaan [25]: 30)

Manusia sekarang banyak yang menganut paham sekularisme, apakah itu? Sekulerisme adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan negara harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan.

Salah satu syariat didalam agama Islam adalah mengatur tentang makanan yang halal:

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS: Al-Baqarah [2]: 173)

Setiap binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram.” (HR. Muslim)

Rasulullah melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring, dan setiap jenis burung yang mempunyai kuku untuk mencengkeram.” (HR. Muslim)

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan. (QS: Al-Maidah [5]: 96)

“Ada seorang tabib menanyakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai katak, apakah boleh dijadikan obat. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk membunuh katak.” (HR. Abu Daud)

 

Islam berisi tentang:
1. Spiritualisme, yaitu ritual, pahala dan dosa, moral
2. View of life (ideologi): Politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, dll.

Pelaksanaan syariat Islam salah satunya adalah melaksanakan shalat.

Shalat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan shalat, maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agama”. (HR. Bukhari)

Bersyukurlah berada di dalam Islam karena memiliki aturan, petunjuk mengenai segala hal, bahkan hal yang terkecil:

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS: Ali Imran [3]: 19)
 

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS: Ali Imran [3]: 85)

 

Agama lain tidak mengatur se sempurna islam karena islam satu-satu nya agamanya yang lengkap.

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS: Al-Maidah [5]: 50)
Hal-hal yang seharusnya tidak dikomersilkal melainkan untuk kemaslahatan umat;

Dari seorang laki-laki Muhajirin sahabat Nabi saw, ia berkata, “Aku pernah berperang bersama Nabi saw tiga kali, aku mendengar beliau bersabda: “Orang-orang Muslim bersekutu dalam hal rumput, air dan api.” (HR. Abu Daud).

 

Akidah diatur dalam 6 rukun iman

  1. Iman (percaya) kepada Allah
  2. Iman (percaya) kepada malaikat
  3. Iman (percaya) kepada Rasul-Rasul Allah
  4. Iman (percaya) kepada kitab-kitab Allah
  5. Iman (percaya) kepada Hari Kiamat
  6. Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk).

Metode yang ingin dilaksanakan bagi setiap muslim:

  1. Menerapkan islam: khilafah
  2. Mempertahankan islam: sanksi hukum
  3. Mengemban islam: dakwah, jihad

3 hal yang harus disegerakan:

“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu.” (HR. Tirmidzi)

Pentingnya optimisme didalam islam, menanamkan harapan untuk kemasalahatan umat di masa datang:

Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanamnya sebelum terjadinya kiamat maka hendaklah dia menanamnya.” (HR. Ahmad)

 
 
 



Komentar, Pertanyaan dan Masukkan