Pernak pernik keluarga muslim | Masfarwati Muslim

04. December 2017 Tausiyah 0
Hal hal yang merusak tatanan keluarga muslim antara lain :
1. Perceraian
Kecenderungan terjadinya perceraian seiring berjalannya tahun, semakin meningkat
2. Perilaku sex diluar nikah
3. Penggunaan rokok, miras, narkoba
4. Komunitas LGBT dll
Hal hal memicu rusaknya tatanan keluarga muslim antara lain :
1. Rendahnya ilmu pengetahuan tentang keluarga muslim khususnya adab dan akhlaq yang dicontohkan Rasulullah, para sahabat, tabiin dll
2. Contoh perilaku negatif yg ada di masyarakat
Bagaimana cara mempersiapkan keluarga agar memiliki pengetahuan tatanan keluarga muslim?
Ajarkan kepada para laki-laki kalian (khususnya anak-anak dan remaja) surah Al Maaidah dan ajarkan kepada wanita-wanita kalian (khususnya anak-anak dan remaja) surah An Nuur.” (HR. Baihaqi)
Seperti apa islam memandang tatanan keluarga? Baik suami, istri mentadabburi Al Maidah dan An Nur
Hal hal yang dibahas didalam Qs An Nur antara lain :
1. Ijin masuk kamar bagi anak ketika akan memasuki kamar orang tuanya di 3 waktu
Qs An Nur : 58
Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum baligh di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah shalat Isya’. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana
2. Menjaga aurat, pandangan
Qs An Nur : 31
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (aurat-nya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.
 
3. Hukuman terhadap zina
Qs An Nur : 1-3
(Ini adalah) satu surat yang Kami turunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam) nya, dan Kami turunkan di dalamnya ayat-ayat yang jelas, agar kamu selalu mengingatinya.
Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman.
Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mu’min.
Tatanan perilaku diri sendiri yang diatur di dalam islam antara lain :
1. Bersin
Apabila salah seorang di antara kalian bersin, maka bagi yang duduk di dekatnya (setelah mendengarkan ucapan alhamdulillaah) menjawabnya dengan ucapan yarhamukallah, apabila dia bersin lebih dari tiga kali berarti ia sedang terkena flu dan jangan engkau beri jawaban yarhamukallah setelah tiga kali bersin (HR. Abu Dawud)
2. Menguap
Kuapan (menguap) itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya (HR. Al-Bukhari)
Tatanan perilaku terhadap orang lain yg diatur dalam islam antara lain :
1. Berbagi masakan untuk tetangga
Jika kamu masak sayur perbanyaklah kuahnya, lalu bagikanlah kepada tetanggamu (HR. ibnumajah)
2. Kedekatan dengan tetangga seakan akan mereka punya hak terhadap warisan.
Jibril senantiasa menasehatiku tentang tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris (HR. Bukhari)

Komentar, Pertanyaan dan Masukkan