Saat anak mulai baligh | 15 nov 2018 | Ustadz Bendri Jaisyurrahman

15. November 2018 Parenting 0
Ada sebagain manusia yang meminta pertolongan kepada sihir atau bantuan jin
Qs Al Jin 6
Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan
Remaja itu memiliki :
  1. Potensi kecerdasan
  2. Potensi semangat
  3. Potensi fisik
Contoh bagaimana Nabi Ibrahim membangkitkan demokratisme kpd anaknya (Nabi Ismail)
Qs Ash shaffat 102
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.
Manusia seringkali melalaikan Allah untik hal yang bersifat duniawi
Qs Ali imran 14
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
Menghilangkan mafsadat lebih didahulukan daripada mengambil manfaat
Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.
Ihsan adalah seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah melihat perbuatannya.
Orang-orang penyayang, pasti disayangi Allah. Maka sayangilah setiap penduduk bumi, niscaya engkau akan di sayangi oleh penghuni langit -yakni para malaikat-. (HR Abu Daud)
Allah sudah memberikan batasan Do and Dont dalam suatu amalan
Qs Al Baqarah 249
Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: “Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka dia adalah pengikutku”. Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: “Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya”. Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar”.
Hal apa saja yang harus diajarkan kepada anak?
  1. Tanamkan rasa diawasi Allah. Muroqobatullahmemiliki arti pengawasan Allah
  2. Tanamkan rasa malu
  3. Tanamkan menundukkan pandangan
Tidak hanya kepada laki laki saja melainkan perempuan
Qs An nur : 30-31
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
  1. Tanamkan kebiasaan berpuasa
  2. Perbanyak kesibukan agar teralihkan dari hal yang cenderung negatif
Keutamaan memperbanyak amal untuk bekal di akhirat
Qs al Hasyr 18
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan
  1. Buat komunitas yg baik. Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud)
  2. Kuatkan ikatan hati antara orang tua dan anak, contohnya :
  • Mau diajak aktivitas bareng
  • Tidak mau melihat wajah
  • Tidak jaim didepan kita
Bagaimana jika anak salah memilih idola, Hal.yang dilakukan orangtua antara lain :
  1. Ciptakan panggung ekpresi
  2. Tawarkan alternatif
  3. Jangan ijinkan mengkoleksi merchandise idola yg tdk sesuai tersebut

Komentar, Pertanyaan dan Masukkan