Pengajian Hijabersmom community | 28 feb 2019 | Ustadz Hilmi firdausi | Perhiasan perhiasan dunia

28. February 2019 Tausiyah 0
Keutamaan menuntut ilmu di masjid Nabawi :
Siapa yang mendatangi masjidku (masjid Nabawi), lantas ia mendatanginya hanya untuk niatan baik yaitu untuk belajar atau mengajarkan ilmu di sana, maka kedudukannya seperti mujahid di jalan Allah. Jika tujuannya tidak seperti itu, maka ia hanyalah seperti orang yang mentilik-tilik barang lainnya. (HR. Ibnu Majah)
Amal sholeh lebih kekal pahalanya dibandingkan harta dan anak anak yang bersifat keduniawian
Qs Al Kahfi 46
Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan
Meninggalkan amalan karena manusia termasuk riya’ dan beramal karena manusia termasuk syirik.
Jangan ragu ragu untuk mengajak kebaikan “
Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya (HR. Muslim)
1. Sifat tidak meminta minta adalah perhiasannya orang fakir
2. Bersyukur adalah perhiasan dari nikmat
Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. (HR Muslim)
Tidur itu sebagaimana kematian sementara
Qs Az zumar : 42
Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir
Keutamaan bersyukur agar ditambahkan kenikmatan yang didapat
Qs Ibrahim 7
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih
3. Sabar adalah perhiasannya musibah/bencana
Sesungguhnya sabar itu terdapat pada hentakan pertama. (HR. Bukhori)
Ketika mendapatkan ujian kehidupan, memintalah kepada Allah solusinya dengan sabar dan shalat
Qs al Baqarah 45
Mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat
Sabar itu ada tiga macam, yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menjauhi maksiat dan sabar dalam menghadapi takdir.
4. Tawadhu adalah perhiasan nasab (keturunan)
Amal sholeh itu harus disegerakan
Barangsiapa yang lamban amalnya, maka nasabnya tidak bisa mengejarnya (HR Muslim)
Keutamaan shalat syukrul wudhu
Diceritakan bahwa selepas salat subuh berjamaah, Rasulullah memanggil Bilal dan bertanya kepadanya. “Katakanlah kepadaku, apa amalanmu yang paling besar pahalanya yang kamu kerjakan dalam Islam? Karena sesungguhnya aku mendengar hentakkan sandalmu di surga.” Suara sandal Bilal terdengar oleh Rasulullah ketika ia berada di surga pada malah Isra’ Mi’raj. “Setiap aku berwudhu, kapanpun itu, baik siang maupun malam, aku selalu melakukan salat dengan wudhu tersebut,” jawab Bilal.
Yang dinilai Allah adalah amal kita bukan penampakan fisik
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”.
5. Sikap murah hati adalah perhiasan dari ilmu.
Ilmu adalah cahaya
6. Sikap rendah hati adalah perhiasan bagi penuntut ilmu.
7. Tidak menyebut sebut pemberian adalah perhiasan dari amal sholeh/kebaikan
Sungguh akan datang kepada manusia suatu zaman di mana seseorang berkeliling dengan membawa harta shadaqah berupa emas, kemudian dia tidak mendapati seorang pun yang mau menerimanya darinya (HR Muslim)
8. Khusyuk adalah perhiasannya shalat.
Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya (HR Tirmidzi)
Yakinlah bahwa Allah melihat kita
Wahai Rasulullah, apakah ihsan itu? ‘ Beliau menjawab, ‘Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu (HR Muslim)
Jangan meremehkan shalat
Qs Al Ma’un 4-5
Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya

Komentar, Pertanyaan dan Masukkan