Kajian Sisesa | 11 Maret 2020 | Ustadz Khalid Basalamah | 70 Kekeliruan Wanita (Nomor 16-21 |

11. March 2020 Tausiyah 0
16 Tidak berpegang teguh dengan hijab syari yang shahih dan tidak mengikuti syarat syarat kesempurnaannya
a Hijab wajib menutupi seluruh tubuh tanpa terkecuali
b Ia bukan perhiasan dengan sendirinya
c Tebal tidak tipis
d Longgar tidak sempit
e Tidak siberi parfum atau diasapi dengan dupa
f Tidak menyerupai pakaian wanita kafir
g Bukan pakaian kemasyuran
17 Memakai apa yang biasa disebut niqab, barqa atau litsam
Mengenakan hijab itu bukan hanya di luar rumah, bahkan di dalam rumah pun harus pakai ketika bertemu dgn bukan mahram
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita.” Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?” Beliau menjawab, “Hamwu (ipar)adalah maut.” (HR. Bukhari)
Qs Al Ahzab 59
Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang
18 Keluar dari rumah dengan tabarruj (menampakkan bagian tubuhnya)
Qs Al Ahzab 33
Dan hendaklah kalian tetap di rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan tegakkanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kalian, wahai Ahlulbait (istri, kerabat, dan keturunan Rasul) dan membersihkan kalian sebersih-bersihnya
19 Mengikuti mode pakaian, rambut, pargum, kosmetik dan permasalahan perempuan lainnya
Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat:  Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)
Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari)
Dari Anas, ia berkata, “adalah Rasulullah SAW berkulit putih bercahaya (putih kemerahan), seolah-olah mutiara yang berkilauan. Apabila berjalan, beliau berjalan tegap. Dan aku belum pernah menyentuh sutra tebal atau sutra tipis yang selembut tapak tangan Rasulullah SAW, dan aku belum pernah mencium bau minyak wangi misk, maupun ambar yang lebih harum dari pada bau harumnya Rasulullah Saw. (HR. Muslim)
Diriwayatkan dari Nafi’ rahimahullah (salah seorang ulama dari kalangan tabi’in), dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” Perawi yang meriwayatkan hadits ini dari Nafi’ bertanya kepada Nafi’, “Apa itu qaza’?” Nafi’ berkata, “Dicukur habis (dipelontos) sebagian rambut kepala anak kecil, dan dibiarkan sebagian yang lain.” (HR. Bukhari)
Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam” (HR. Muslim)
20 Menggunakan bejana emas dan perak serta makan dan minum dengan keduanya.
Janganlah kamu minum dengan gelas (yang terbuat) dari emas dan perak, dan jangan pula kamu makan pada piring yang terbuat dari emas dan perak, karena sesungguhnya yang seperti itu adalah untuk mereka (orang kafir) di dunia, dan buat kamu di akhirat. (Muttafaq ‘alaihi)
Orang yang minum dari bejana perak, maka sesungguhnya dia telah memasukkan api neraka ke dalam perutnya.” (HR. Bukhari)
21 Menggantungkan gambar gambar berbentuk atau tidak berbentuk pada dinding atau meletakkannya pada etalase. Dan juga memberikan boneka pada anak.
Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan lukisan.
Dari Aisyah Radhiayallahu ‘anha, Rasulullah bersabda, “Lima jenis hewan yang seluruhnya fasik, boleh dibunuh di tanah suci; burung gagak, burung elang, kalajengking, tikus, dan binatang buas.” (HR Bukhari)

Komentar, Pertanyaan dan Masukkan